Selasa, 20 Juli 2010

Musik dan Pertumbuhan Otak

Musik telah terbukti mempunyai pengaruh positif dalam perkembangan intelegensia. Beberapa di antaranya adalah pada perkembangan kognisi, kemampuan verbal, dan kecerdasan emosional (EQ).
Musik dan Kognisi
Penelitian di Kanada pada tahun 2006 menemukan bahwa siswa-siswa yang berlatih musik mempunyai IQ yang lebih tinggi, terutama pada aspek literasi, visiospasial, daya ingat verbal, dan matematika. Profesor Laurel Trainor dari Universitas McMaster mengatakan bahwa dalam setahun perkembangan siswa yang berlatih musik dan yang tidak berbeda sangat jauh. Perubahan ini berhubungan dengan kemampuan kognitif mereka yang berlatih musik.
Musik dan Kemampuan Verbal
Percaya tidak percaya, musik ternyata juga bisa mengasah kemampuan verbal. Riset di Northwestern University (2007) berkesimpulan bahwa latihan musik berhubungan secara tidak langsung dengan keterampilan verbal. Mereka bahkan mengusulkan kalau pelatihan dengan musik lebih efektif dalam mengembangkan keterampilan verbal daripada Phonics.
Keterlibatan indera-indera yang digunakan dalam berlatih musik ternyata mengasah kemampuan-kemampuan komunikasi yang sama dengan yang dibutuhkan untuk bicara dan membaca. Sambil berlatih, musisi mengasah sistem syaraf yang khusus memproses informasi dari pengelihatan, suara, musik, dan wicara. Berlatih musik berarti mengasah sistem syaraf untuk memproses pengelihatan & suara, serta musik & wicara, yang mana berarti berlatih musik sejak dini bisa membantu perkembangan literasi anak.
Musik dan Kecerdasan Emosional (EQ)
Musik juga ternyata mampu melatih kecerdasan emosi (EQ) kita. Penelitian terakhir (2009) menemukan bahwa musisi punya kepekaan lebih terhadap unsur emosi dari suatu suara. Kemampuan ini merupakan hasil dari pengasahan kepekaan terhadap penanda-penanda emosional dan pemahaman intuitif terhadap konteks sekitar, dua hal yang sangat penting dalam kecerdasan emosional seseorang. Dengan kata lain, berlatih musik bisa mengasah persepsi seseorang tentang medan emosional di sekitarnya, dan melatih fleksibilitasnya dalam berhubungan antar pribadi.
Besar pengaruh musik terhadap kemampuan otak seseorang memang sudah terlalu nyata untuk diragukan, bahkan sebaiknya setiap anak tumbuh dengan musik sejak dini agar manfaat maksimal bisa diperoleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih karena antusiasmenya untuk aktif di blog ini. Komentar nanti akan dimoderasi secepatnya. Taut balik boleh saja, asalkan relevan dengan isi blog. Salam!